Tes Guru Matematika Bintang Pelajar

Bintang pelajar adalah lembaga Bimbingan Belajar (Bimbel) untuk siswa mulai dari SD-SMA dan juga untuk persiapan SBMPTN. Yang berbeda dari bimbel lainnya, disini unsur keislamannya sangat kuat dimana semua guru harus muslim dan memakai busana yang sesuai syari'at, ada juga kajian keislaman dan program tahfidz untuk para guru.
Dalam pengajarannya pun, sebelum materi akademik dimulai, terlebih dahulu diberikan materi agama, sehingga harapannya adalah siswa tidak hanya menjadi siswa dengan prestasi tinggi, tapi juga memiliki akhlak terpuji.

Saya melamar Bintang Pelajar ini langsung ke standnya saat jobfair ITB, tahun 2015.
Posisi yang saya lamar adalah guru matematika, yang ditujukan untuk mengajar SMP dan SMA, berbeda dengan guru Fisika yang hanya untuk mengajar siswa SMA saja.
Hari Jumat pagi saya melamar, dan sorenya saya mendapat SMS undangan untuk tes tulis 2 hari berikutnya yaitu hari Minggu, bertempat di GKU Timur ITB.
Tiba hari Minggu, peserta yang ikut tes cukup banyak, lebih dari 60 orang. waktu yang diberikan kurang lebih 2 jam. Materi soal dibagi menjadi 2 jenis, yaitu materi pelajaran sesuai yang dilamar, dan soal agama. Karena saya melamar guru Matematika, soal Matematika PG 30 Soal dibagi menjadi 2 yaitu soal SMP dan soal SMA.

Untuk SMP antara lain tentang Persamaan, pertidaksamaan, soal cerita, koordinat cartesius, fungsi, deret, kesebangunan, luas juring lingkaran, dll..
Untuk SMA tentang statistika, rumus bangun ruang, Pangkat, Trigonometri, Logaritma, Peluang, dll

Dan untuk soal keagamaan itu ada pilihan ganda dan essay. untuk essay antara lain :
- Pengertian ilmu syar'i
- Makna islam
- Sebutkan nama-nama sahabat nabi
- Pengertian aswaja
- Dimana allah
- Dalil-dalil
- Perhitungan zakat, dll

Hasil dari tes tulis tersebut diumumkan di website Bintang Pelajar, kurang lebih 2 minggu setelah tes tulis. Peserta yang lolos berhak mengikuti interview dan microteaching yang bertempat di kantor Bintang Pelajar di Rawamangun, Jakarta. Materi microteaching diumumkan juga, dan diberikan beberapa pilihan materi SMA seperti Trigonometri, Matriks, Integral, Vektor, Deret, dll. Dan akhirnya yang saya pilih adalah yang paling gampang yaitu Deret, hehe..
Saat interview ditanya tentang wawasan keislaman kita dan tes hafalan qur'an juga. Jika tidak memiliki hafalan maka dites baca Qur'an. Setelah itu lanjut Microteaching.
Microteaching disini adalah dilihat bagaimana praktek kita saat mengajar. Dalam microteaching tersebut tentunya harus ada pembukaan dulu, isi materi yang disampaikan, ice breaking, dan juga tanya jawab. Intinya yang dinilai adalah bagaimana cara menyampaikan materi, berkomunikasi 2 arah dengan siswa dan pemahaman materi juga.

Hasil dari tes ini diumumkan dalam waktu seminggu. yang lolos langsung buat ttd kontrak dan pengarahan. Tempatnya masih sama yaitu di Rawamangun. Kontrak yang diberikan selama 1 tahun dan setelah saya pertimbangkan, akhirnya saya ambil.

Alhamdulillah pengalaman saya bekerja selama 1 tahun di perusahaan ini cukup berkesan.
Mulai dari rekan2 pengajar yang agamis dan ramah, budaya shalat tepat waktu dan juga saling mengingatkan dalam kebaikan.
Insyaallah profesi guru ini sangat baik untuk dicoba dan digeluti. Tentu kita semua sudah tahu ya guru ini profesi yang mulia, satu-satunya profesi yang bisa menghasilkan banyak profesi...

Semoga ada gambaran bagi yang mau melamar ke bimbel ini, Barokallohu fiikuum !


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tes PT. Sugar Group Companies

Tes PT. Bekaert Indonesia

Tes PT. Traktor Nusantara