Tes PT. Sugar Group Companies

PT. Sugar Group Companies (SGC) adalah perusahaan perkebunan dan pabrik gula tebu yang cukup besar di Indonesia dimana produk unggulannya yang kita kenal Gulaku. Perkebunanya yang cukup luas terletak di Lampung, dan head officenya berada di daerah Sudirman, Jakarta.

Saya apply perusahaan ini lewat Karir ITB, untuk posisi Purchasing buat penempatan di Kantornya di Jakarta. Walaupun iklannya di karir ITB namun saya daftarnya lewat email ke hrd SGC nya yang disedikan di iklan Karir ITB tersebut. Kurang lebih 2 minggu setelah apply, saya dapat sms dan email undangan tes tulis di salah satu gedung di kampus UI, Depok. Yang ikut tes cukup banyak, lebih dari 100 orang. Disana saya kenalan dengan beberapa teman dari berbagai kampus, dan banyak dari IPB dan ITB. Ketemu juga dengan teman satu kelas saat les IELTS di Bandung beberapa bulan yang lalu..wah ketahuan deh padahal dulu pas introducing di kelas motivasi ikut les IELTS ini ingin melanjutkan master ke Luar negeri, eh malah belok ingin kerja di pabrik gula hehe... ga papa lah ya yang namanya kesempatan ambil aja.

Oke lanjut ke tes tulis. Materi tes tulisnya antara lain :
  1. Matematika Dasar seputar kali bagi tambah kurang. Jadi terdapat beberapa angka gitu dalam tabel dan kita harus menghitungnya mengikuti rumus yang telah diberikan. Walaupun gampang, tapi disini diperlukan ketelitian dan kecepatan.
  2. Soal Cerita Matematika dan Logika. Beberapa contoh soalnya antara lain tentang diagram Venn, Persamaan Linear 3 Variabel, Sudut dalam lingkaran, bikin denah SGC yang sudah ditentukan ukurannya.
  3. Soal Fisika mengenai Debit, kecepatan dan jarak, dll.
Habis tes diberitahu pengumumannya kurang lebih 2 minggu. Dan betul setelah 2 minggu saya dapat telepon dari HRD nya bahwa saya lolos dan diundang untuk interview HRD dan user di wisma GKBI, Jakarta. Kantor SGC berada di lantai 5. Interviewernya ada 2 orang, HRD nya perempuan lupa namanya dan usernya pak Yuda.
Pertanyaan standar seputar pengalaman kerja sebelumnya, alasan keluar, dan apakah ada pengalaman di bagian Purchasing dan sebutkan yang kamu ketahui tentang dunia purchasing.

Wawancara kurang dari setengah jam. Beres wawancara diberitahukan pengumumannya paling lambat 2 minggu. Sudah lebih dari 2 minggu belum ada pengumuman juga, berarti saya tidak lolos. Sudah punya feeling juga sih bakalan ga lolos karena saya tidak cukup paham saat ditanya2 mengenai purchasing dan tidak ada pengalaman di bidang purchasing, sementara dia lebih menginginkan yg berpengalaman. Tidak apa-apa mungkin bukan rizkinya disitu..

Oke sekian pengalaman saya tes di PT. Sugar Group Companies, semoga ada gambaran bagi yang akan tes di perusahaan ini. Jangan lupa berdoa minta diberikan yang terbaik ya. Semoga Sukses !!

Komentar

  1. Waaah terima kasih gan sharingnya, menarik juga nih ane mau coba di perusahaan ini.

    BalasHapus
  2. gan kira-kira tau website untuk belajar tes psikotesnya semodel itu gak ya

    BalasHapus
  3. Mau tanya ni bang.. Apa setiap tahunnya itu beda soal soal tes nya?.. Soalnya Saya mau kesitu juga.. Apalagi dengan wawasan saya ttg mtk itu sedikit..
    Salam kenal mas.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tes PT. Bekaert Indonesia

Tes PT. Traktor Nusantara