Tes PT. ART Piston Indonesia

PT. ART Piston Indonesia merupakan perusahaan manufaktur asal Jepang yang bergerak di bidang automotif. Main product dari perusahaan ini adalah Piston/Torak, baik untuk kendaraan roda 2, roda 4, maupun mesin diesel. Mother company dari perusahan ini adalah perusahaan ART Metal CO. LTD yang berada di Kota Ueda, Nagano Jepang. PT. ART Piston Indonesia berlokasi di Kawasan Industri Surycipta, Kabupaten Karawang.
Selain di Indonesia perusahaan ART Metal CO. LTD juga memiliki beberapa cabang perusahaan di berbagai negara, diantaranya ART Serena Piston Company yang berada di Thailand, dan ANQING ART Piston Company yang berada di China.
Pada saat ini PT. ART Piston Indonesia memiliki ± 185 karyawan dan kapasitas produksi mencapai kurang lebih 350.000/Pcs dalam setiap bulan.
Berikut pengalaman tes rekrutmen yang saya jalani.
Saya apply perusahaan ini melalui websitenya di art-piston.co.id. Motivasi awal adalah saya mencari perusahaan yang dekat atau minimal tidak terlalu jauh dari rumah saya di daerah Jatinganggor, karena saya ingin setiap minggu pulang.
Saya cari-cari info mengenai kawasan industri di karawang dan sampailah saya pada website www.suryacipta.com. Terdapat beberapa nama perusahaan beserta websitenya, lalu saya coba buka satu persatu. Sampailah pada website PT. ART Piston Indonesia. Dan betulan di websitenya ada info lowker dan lebih kebetulan lagi posisi yang dibuka adalah HR/GA dimana saya memiliki pengalaman di bidang ini.
Saya apply dan isi biodata. Sekitar 2 minggu kemudian, tepatnya Kamis sore ada kurang lebih 7x panggilan tak terjawab kebetulan saya lagi diluar tidak bawa HP, dan pas saya cek ada email masuk yang ternyata undangan interview di hari besoknya, Jum'at jam 10 pagi. wah sangat mendadak sekali.... akhirnya saya coba minta reschedule untuk dirubah ke hari Senin dan oleh pihak HRD nya dibolehkan.

Tiba hari Senin, saya berangkat dari rumah jam 6 pagi. Saya berangkat dari Cileunyi naek bus Primajasa, sampai di tol Cikampek km 54 sekitar pukul setengah 10. Saya turun di situ dan tidak jauh terdapat pangkalan ojeg. Saya menuju kawasan naek ojeg pangkalan. Tarifnya 30 ribu padahal hanya sekitar 4 km. Mahal juga euy dibanding ojeg online mungkin sekitar 12 ribu saja. Yaudahlah daripada jalan kaki jauh..Tapi pas kami lewat kampung, ketemu istri dan anaknya yang masih kecil si tukang ojeg sambil bilang, "bapak ngojeg heula nya..." sambil anak kecilnya dadah, saya cukup bersimpati dan ga papa lah 30 ribu itung2 rizki si anaknya juga.

Sampai di PT. ART Piston jam 10an kurang, saya isi daftar hadir lalu diantar security ke lobi. di lobi ketemu Staf HRD nya namanya Bu Rika, dan saya diantar ke sebuah ruangan untuk menjalani tes tulis.
Tes tulisnya terdiri dari :
Matemtika Dasar, psikotes seperti logika, mencari yang beda, pola, ada warteg test dan kreplin juga.
Setelah itu ada pertanyaan psikologi juga, mirip soal TKP untuk soal CPNS.

Setelah itu menunggu beberapa saat dan lanjut tes Interview dengan pak Sutrisno sebagai GM HRD GA nya.
Interview seperti biasa masalah pengalaman kerja. Namun di interview kali ini saya lebih banyak mendengarkan. saya cukup senang atas ilmu dan masukannya mengenai dunia HRD. Beres Interview diberitahu sekilas tentang peraturan dan fasilitas/tunjangan di perusahaan ini. Hasil dari tes hari itu diumumkan maksimal 2 Minggu. Jika tidak ada info berarti tidak lulus.
Yang lebih menarik, dikasih tau oleh pak Sutrisno, sebelum pulang untuk nunggu dulu di Lobi ketemu bu Rika untuk ngasih tau berapa ongkos dari rumah ke sini dan nanti akan diganti. Di Lobi ketemu Bu Rika dan ditanya berapa ongkos kesini, lalu diganti 2x lipatnya. Alhamdulillah...^^

Sekian pengalaman tes saya di PT. ART Piston Indonesia. Semoga ada gambaran bagi yang akan tes di perusahaan ini. Sukses selalu..



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tes PT. Sugar Group Companies

Tes PT. Bekaert Indonesia

Tes PT. Traktor Nusantara