Tes PT. Surya Lintas Nusantara

PT. Surya Lintas Nusantara adalah Perusahaan yang bergerak dibidang distribusi barang-barang kebutuhan rumah tangga dan hair care. Produk yang didistribusikan adalah produk dari P&G (Procter & Gamble) seperti Rejoice, Pantene, Downy, pampers, dan lain sebagainya.
Kantor pusat ini berlokasi di Cakung, Jakarta Timur dan untuk Bandung ada di Soekarno Hatta No. 136 dan cabang kecilnya di cabang di Buah Batu.

Saya melamar ke perusahaan ini melalui ITB Karir. Posisi yang saya lamar adalah Management Trainee. Alhmadulillah saya lolos seleksi administrasi dan mendapat email undangan untuk tes tulis di kantor cabang PT. SLN di Jl. Lengkong Buah Batu No.100.

Tiba hari tes, saya berangkat dari rumah di Jatinanggor. Saat dekat Hotel 10 bandung, saya cukup bingung mencari alamatnya karena di sebrang nya idak ada gedung bertuliskan PT. Surya Lintas Nusantara sebagaimana dituliskan di emailnya. Memang ada beberapa kios kecil yang bertuliskan no 100, dan itupun ada 3 Kios yaitu A, B, dan C. Dan pas saya coba masuk ke dalam ternyata itu adalah PT. SLN. Lokasinya berada di pojok. Kalau tidak salah yang A karena yang ujung satunya lagi (C) itu adalah perusahaan asuransi.
    
Saat saya masuk ke dalam ruangan, peserta yang sudah hadir ada sekitar 10 orang. Materi soalnya adalah soal psikotes biasa seperti sinonim, antonim, padanan kata, deret aritmetika, dimensi 3. Setelah itu ada menghitung tes Kraeplin juga, lalu tes kepribadian.

Waktu tes kurang lebih 2 jam. Setelah itu pulang dan katanya pengumumannya diumukan 2 minggu kemudian. Dan Alhamdulillah saya lolos..
Berikutnya tes lanjutan tapi tidak disebutkan tes apa.. Eh tdapat email kembali bahwa tes diundur menjadi setelah lebaran. sebulan setelah lebaran dapat email kembali yaitu undangan tes lanjutan tsb. Berarti total waktu dari tes tulis sampai tahap kedua ini adalah 2 bulan, cukup lama juga euy..

Hari untuk tes tiba, dan tes kedua ini ternyata tes FGD, dimana kita diberikan sautu kasus yang terjadi pada perusahaan distribusi, terdapat beberapa solusi dan kita harus mengurutkan berdasarkan skala proiritas. Untuk Tes kali ini diikuti sekitar 16 orang. Dabgi 6 kelompok dan dalam satu kelompok terdiri dari 3 orang.Waktu yang diberikan untuk membaca masalah adalah 5 menit, setelah itu lanjut diskusi.

Setelah beres semua, peserta disuruh menunggu kemudian diumumkan hasilnya siapa saja yang lolos. Ada 6 orang yang lolos, termasuk saya alhamdulillah..
Dari 6 orang tersebut lalu diberikan pengarahan oleh HRD nya untuk tes berikutnya semminggu kemudian, Pada hari Sabtu juga.
Tes berikutnya adalah presentasi mengenai diri selama 30 menitan + interview. Pada pengarahan tadi juga disebutkan bahwa program MT ini adalah pertama.
Jika tes presentasi + interview ini lolos, maka langsung Offering letter.

Tiba hari saat tes presentasi + interview.
Saat presentasi ini ternyata berklangsung cukup lama, yaitu 1 jam.
Dalam sel-sela presnentasi ada pertanyaan dari Manager HRD nya. pertanyaan bermacam-macam, khusunya mengenai penglaman kerja.

Setelah beres presentasi maka beberapa pertanyaan yang diajukan antara lain :
- Apa yang kamu ketahui tentang SLN

- Bagaimana mekanisme/alur proses perusahaan distributor
- Lebih nyaman bekerja indoor atau outdoor
- Punya SIM C dan A ?
- Departemen apa yang paling penting dalam perusahaan distributor? kamu tertartik masuk departemen apa, dll

Setelah beres, menunggu pengumuman yang akan diberitahukan maksimal 2 minggu by email.

Demikian Pengalaman saya tes di PT. Surya Lintas Nusantara.
Semoga ada gambaran bagi yang mau tes ke perusahaan ini. Sukses !

Komentar

  1. Merkur | German Merkur 23C Review - Curacao
    Read our Merkur Review and compare its งานออนไลน์ safety and reputation, safety, aesthetics, features, headlamp deccasino and kadangpintar more.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tes PT. Sugar Group Companies

Tes PT. Bekaert Indonesia

Tes PT. Traktor Nusantara